Apa saja manfaat coklat


Coklat pasti semua sudah tahu dengan makanan manis ini, membuat ketagihan dan rasa ngiler saat melihat dan membayangkannya. Katanya coklat dapat membuat gigi berlubang, membuat jerawatan,  dan lainya ops.. nanti dulu ngomong gitu. Ayo kita pahami apa saja yang terkandung dalam coklat agar kita paham betul manfaatnya.

Coklat atau cokelat (dalam bahasa indonesia) diyakini sebagai afrodisiak yang bisa meningkatkan libido seseorang. Peneliti menyatakan, wanita pecinta coklat memiliki gairah seksual lebih tinggi. Mereka mengungkapkan, mengonsumsi sebatang coklat sebelum melakukan seks dapat memberikan rasa rileks dan kepuasan dalam aktivitas seksual seseorang.

Makan coklat tidak akan menimbulkan kecanduan, tetapi bagi sebagian orang rasa coklat yang enak mungkin menyebabkan kerinduan untuk mengkonsumsinya kembali. Ini yang disebut chocolate craving. Dampak coklat terhadap perilaku dan suasana hati (mood) terkait erat dengan chocolate craving. Rindu coklat bisa karena aromanya, teksturnya, manis-pahitnya dsb. Hal ini juga sering dikaitkan dengan kandungan phenylethylamine yang adalah suatu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan dopamine. Dampak dopamine adalah muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Phenylethylamine juga dianggap mempunyai khasiat aphrodisiac yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta (hati berbunga).

Coklat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat mengusir stres. Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga tingkat depresi, mereka mengaku makan cokelat saat suasana hati mereka galau atau bad mood.

Coklat bermanpaat pula untuk kecantikan karena mengandung zat yang mampu memperlambat penuaan. Konsumsi coklat secara teratur dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari.

Coklat bikin sakit gigi? Jangan percaya! Coklat justru baik untuk gigi karena cocoanya mengandung zat yang dapat membunuh bakteri penyebab karang gigi. Jika Anda sakit gigi setelah mengonsumsi coklat, gula di dalamnya lah yang menyebabkannya.

Namun, di antara semua itu yang tak kalah penting adalah coklat mampu mencegah kanker. Sebab, coklat kaya antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas penyebab penyakit mematikan ini. 

Belum ada bukti bahwa coklat menimbulkan jerawat. coklat perlu diwaspadai, khususnya bagi orang-orang yang rentan menderita batu ginjal. Konsumsi 100 g coklat akan meningkatkan ekskresi oksalat dan kalsium tiga kali lipat. Oleh karena itu kiat sehat yang bisa dianjurkan adalah minumlah banyak air sehabis makan coklat.

nah... sudah taukan maanfaat coklatkan, semoga artike ini bermanfaat bagi pembaca.


Cr : http://metrotvnews.com/read/news/2011/11/30/73823/Manfaat-Coklat-untuk-Kesehatan

       http://indonesiaindonesia.com/f/9154-manfaat-coklat-kesehatan/

Comments

Popular posts from this blog

Menyesal kenapa di Akhir

Insan Jatuh Cinta

Anak Rantau